Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kebun Binatang AS 13 Gorila Positif Covid-19, Orangutan dan Harimau Sumatera Akan Divaksin

Winston, gorila positif Covid-19 di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat (AS), pulih dengan pengobatan antibodi sintetis. Editor: Aditya Jaya Iswara



Infoacehtimur.com / Internasional - Sebanyak 13 gorila di Kebun Binatang Atlanta, negara bagian Georgia, Amerika Serikat (AS), positif Covid-19 pada Jumat (10/9/2021).

Untuk mencegah penularan antar-satwa, kebun binatang itu akan menyuntikkan vaksin Zoetis Covid khusus hewan yang telah diizinkan setelah gorila-gorila tersebut sembuh.

Orangutan, harimau Sumatera, singa Afrika, dan macan dahan juga akan divaksinasi, menurut keterangan kebun binatang tersebut yang dikutip AFP.


Kebun binatang Atlanta memiliki total 20 ekor gorila, dan mereka dites setelah penjaga melihatnya batuk-batuk dan mengalami gejala lain.

Gorila yang berisiko mengalami komplikasi sedang dirawat dengan antibodi monoklonal.

"Tim sedang memantau gorila yang terkena dampak dengan sangat cermat dan berharap mereka akan sembuh total. Mereka mendapat perawatan terbaik," kata Sam Rivera, direktur senior kesehatan hewan di Kebun Binatang Atlanta.


"Kami sangat prihatin bahwa infeksi ini terjadi, terutama mengingat protokol kesehatan kami saat bekerja dengan kera besar dan spesies hewan rentan lainnya, dan selama pandemi, sangat ketat."


Kebun Binatang Atlanta yakin gorila terinfeksi oleh penjaga yang OTG, meskipun karyawan tersebut telah divaksin penuh dan mengenakan APD pribadi.


"Sementara manusia diketahui dapat menularkan virus ke hewan seperti gorila, dan kasus ini telah terjadi di kebun binatang lain, saat ini belum ada data yang menunjukkan hewan kebun binatang dapat menularkan virus ke manusia," kata pihak kebun binatang.

Namun, pengunjung dikatakan tidak menimbulkan ancaman karena jarak aman antara mereka dengan habitat primata.

Atlanta Journal-Constitution melaporkan, dari 13 gorila yang positif corona ini salah satunya adalah Ozzie, gorila jantan berusia 60 tahun, tertua di penangkaran.


Rivera mengatakan, Ozzie menunjukkan gejala ringan.

Covid-19 juga diketahui menginfeksi kucing dan anjing domestik.

Sumber: AFP