Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lampu Lalu Lintas Menyala Hijau, Jangan Main Tancap Gas Aja Dong

Foto : Scrinshoot Video



Infoacehtimur.com / Otomotif - Salah satu kebiasaan yang dilakukan pengendara motor atau pengemudi mobil ketika lampu hijau menyala adalah langsung memacu kendaraannya alias main tancap gas.

Hal ini sebaiknya tidak dilakukan, karena bisa membuat diri sendiri dan pengguna jalan lainnya celaka.

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun instagram @tangerang24jam. Dalam rekaman tersebut terlihat beberapa pengendara motor yang tidak sabar untuk memacu kendaraannya di sebuah persimpangan.


Padahal lampu lalu lintas baru berubah menjadi hijau, dan masih banyak mobil yang melintas dari arah berlawanan. Alhasil, salah satu pengendara motor yang tak sabaran itu pun menabrak mobil Toyota Alphard berwarna hitam yang melaju dari sisi kanan jalan.

Menanggapi hal ini, Training Direction The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, ada sikap yang harus dilakukan ketika berada di persimpangan agar tetap selamat saat berkendara.

“Paling aman itu jangan langsung jalan saat lampu lalu lintas berubah berwarna hijau. Karena bisa saja ada orang yang nekat menerobos lampu merah,” ujar Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Marcell menambahkan, lakukan double check dengan menengok, waspada terhadap kendaraan yang tertutup oleh karena blind spot. Selain itu, jangan anggap lampu lalu lintas seperti ingin mulai balapan.

“Pengendara juga harus waspada dengan sedikit mengurangi kecepatan ketika melewati persimpangan, walaupun lampunya hijau. Hal ini untuk mengantisipasi lampu berganti menjadi merah, sehingga bisa berhenti tepat waktu,” kata dia.

Kemudian jika ingin mengurangi kecepatan di persimpangan, jangan berhenti mendadak. Cukup dengan angkat kaki dari pedal gas.

“Karena kalau mendadak, bisa memicu emosi dari pengguna jalan yang ada di belakang kendaraan kita,” ucap Marcell.(*)

Sumber : KOMPAS.com | Penulis: Aprida Mega Nanda | Editor: Agung Kurniawan