Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Menyongsong Pendidikan Tinggi Bagi Aceh Timur

 




infoacehtimur.com / Aceh Timur - Berawal dari sebuah gagasan yang sampaikan salah seorang Anggota DPRK Aceh Timur M.Yahya Ys atau Yahya Boh Kaye yang dilansir Media Suara Indonesia-news.com (11/10/2020)  mengajak tokoh elit dan semua untuk bersatu memikirkan untuk berdirinya sebuah universitas di Aceh Timur.


Menurut sang wakil rakyat, ajakan tersebut tentunya mempunyai alasan yang kuat dan logis berdasarkan dinamika indeks pendidikan di Aceh Timur baik kuantitas, kualitas, serta potensi daerah dan harapan-harapan dari masyarakat Aceh Timur sendiri.


Kebutuhan akan sebuah lembaga pendidikan tinggi di Aceh Timur diilustrasikan oleh M.Yahya Ys dalam perspektif Aceh Timur sebagai sosok Ibu yang hebat karenan telah mampu melahirkan dua universitas negeri, yaitu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Cot Kala Langsa dan Universitas Samudra Langsa yang kala itu merupakan wilayah Aceh Timur dan saat ini telah menjadi aset Kota Langsa, sebagai  dampak konsekwensi logis pemekaran wilayah pada tahun 2002.





Sebagai Kabupaten induk, Aceh Timur tentu perlu melahirkan kembali Universitas, perguruan tinggi atau nama lain yang konfreherensif, obsesi atau harapan tersebut bukan lah sebuah mimpi belaka, bila semua stakholder bersatu dan berkolaborasi dalam persepsi yang sama, maka  obsesi tersebut akan lahir dan hadir dalam bentuk nyata.


Lahir nya sebuah Perguruan Tinggi yang konferhensif, yang menjadi jantung kebanggaan dan spirit rasa memiliki masyarakat Aceh Timur, sebagaimana Cot Kala dan Unsam dulu, serta rasa memiliki rakyat Aceh terhadap Unsyiah dan UIN Ar-raniry.


Gagasan pendirian Perguruan Tinggi ini mendapatkan dukungan luas dari masyarakat Aceh Timur, apalagi setelah beberapa di eksekusi oleh Program Jufri Zain_Channel yang mengelar beberapa sesi Fokus Gruop Diskusion(FGD) lintas tokoh dan profesi yang bermuara terbentuk nya sebuah Tim Task Force untuk melakukan kajian atau riset layak kah Aceh Timur berdiri nya sebuah Perguruan Tinggi.

Dokumentasi Jufri Zain Channel


Dalam proses, dan tahapan kajian serta  pematangan konsep, akhirnya mengerucut pada perguruan tinggi vokasi atau berorientasi pada ilmu terapan sesuai potensi sumber daya daerah (paparan hasil riset).