Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

''Tes Keperawanan'' Dihapus, TNI AD: Sesuai Perubahan Zaman

Ilustrasi sejumlah perempuan kanididat calon bintara Korps Wanita TNI AD (Kowad) menjalani pemeriksaan kesehatan di Markas Kodam Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 14 Oktober 2014. (Foto: getty images)



Kepala Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat memastikan tidak ada lagi "tes keperawanan" atas perempuan yang mendaftar jadi kandidat anggota Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad).

"Ini diatur dalam penyempurnaan petunjuk teknis pemeriksaan uji badan TNI Angkatan Darat nomor B/1372/VI/2021 tanggal 14 Juni 2021," kata Mayjen TNI dr. Budiman, Kepala Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat dalam diskusi daring oleh Change.org Rabu (1/9).

Menurut dia ini sesuai instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa. agar materi uji badan harus disesuaikan dengan dinamika dan perubahan zaman yang terjadi, maka hymen atau selaput dara tidak lagi jadi tujuan pemeriksaan uji badan personel TNI AD.

Menurut BUdiman, kata hymen atau selaput dara dihilangkan dalam formulir pemeriksaan uji badan. Dia menegaskan, pemeriksaan kesehatan untuk calon personel Kowad dilaksanakan dengan sangat menghargai privasi calon.

"Ruangan harus sangat representatif, begitu pula pencahayaan, dan terutama yang berada di dalam ruang tersebut terbatas hanya dokter pemeriksa, seorang dokter ob-gyn dan satu orang bidan serta calon yang akan diperiksa," ujar Budiman.

Sementara itu pensiunan perwira tinggi polisi wanita, Brigadir Jenderal (Purn) Sri Rumiyati, menyarankan perlu pernyataan hitam di atas putih untuk memastikan tes keperawanan tidak akan lagi digunakan untuk merekrut calon prajurit perempuan, baik polisi maupun TNI.

"Kalau sudah ada hitam di atas putih maka semua wajib mematuhi keputusan itu," ujar Sri Rumiyati. Dia juga mengungkapkan bahwa Polri sudah lebih dulu mengeluarkan surat keputusan bahwa tes keperawanan tidak boleh diterapkan lagi di lingkungan kepolisian.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Andika Perkasa didampingi Komandan Tentara Angkatan Darat Amerika (US Army) Asia Pasifik Jenderal Charles A Flynn berpidato saat pembukaan Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Baturaja, OKU, Sumatera Selatan, Rabu (4/8/2021). (ANTARA FOTO)



Telah menjadi perhatian internasional
Sebelumnya Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyatakan pemeriksaan hymen atau selaput dara sebagai salah satu rangkaian tes kesehatan bagi calon prajurit perempuan telah ditiadakan pada tahun ini.

Namun pemeriksaan pada bagian luar alat kelamin dan abdomen masih dilakukan.