Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wajib Tahu! Ini 5 Beasiswa Dalam Negeri bagi Lulusan SMA




Infoacehtimur.com / Ekonomi – Semua anak berhak mendapatkan layanan pendidikan. Namun, fakta di lapangan, faktor ekonomi kerap menjadi alasan seseorang terpaksa berhenti di tengah jalan dalam menempuh studinya.

Jika kamu memiliki prestasi tetapi terkendala masalah ekonomi, mencari beasiswa menjadi langkah paling tepat.

Bagi lulusan SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi kesulitan finansial, ada beberapa program beasiswa yang bisa kamu manfaatkan lho.

Merangkum dari laman Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (uta45jakarta), Rabu (29/9/2021), lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas, tidak perlu khawatir karena ada beberapa program beasiswa yang diberikan pemerintah ataupun swasta.

Berikut beasiswa kuliah untuk lulusan SMA yang bisa kamu daftar untuk kuliah di dalam negeri.

Beswan Djarum

Beswan Djarum adalah beasiswa yang paling populer di Indonesia dan peminatnya juga meningkat dari tahun ke tahun.

Beasiswa ini diberikan Djarum Foundation dan sudah ada sejak tahun 1984 lalu. Jika kamu berhasil lolos mendapatkan beasiswa ini, tidak hanya mendapat biaya atau dana kuliah selama satu tahun. Kamu juga akan mendapatkan berbagai macam pelatihan dan pengembangan diri.

Contohnya pelatihan nation building, character building, leadership development, competition challenger, dan ada pula international exposure.

Sampoerna Foundation

Beasiswa dari Sampoerna Foundation ini juga termasuk beasiswa kuliah di dalam negeri yang banyak diminati banyak calon mahasiswa.

Program beasiswa ini memiliki tujuan untuk para pelajar di Indonesia yang memiliki prestasi gemilang. Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus memiliki tekad dan semangat yang tinggi untuk membangun negeri di masa mendatang.

Bentuk beasiswa yang diperoleh meliputi biaya kuliah selama empat tahun. Termasuk uang saku, uang tunjangan untuk buku, dan tunjangan biaya penggunaan internet.

Beasiswa Sampoerna Foundation dimulai sejak tahun 2001 dan masih berjalan hingga sekarang. Tercatat ada lebih dari 300.000 putra dan putri terbaik Indonesia yang sudah mendapatkan beasiswa ini sejak pertama kali diadakan.

ORBIT – Hasri Ainun Habibie

Program beasiswa lainnya yang bisa dimanfaatkan lulusan SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, yakni ORBIT Hasri Ainun Habibie.

Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie sudah ada sejak tahun 1992. Awalnya, yayasan penyedia beasiswa ini bernama Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT.

Kemudian, pada tahun 2011, namanya berganti menjadi Yayasan Amal Abadi ORBIT Hasri Ainun Habibie yang ditujukan sebagai penghormatan bagi mendiang Hasri Ainun Habibie.

Kategori beasiswa ini ada dua, yakni unggulan dan reguler. Kategori reguler diberikan kepada lulusan SMA yang ingin kuliah berupa biaya pendidikan Rp 750.000 per bulannya dalam satu tahun ajaran.

Beasiswa Bidik Misi (BBM)

Masih ada lagi beasiswa kuliah untuk lulusan SMA yang bisa dimanfaatkan, yakni Beasiswa Bidik Misi yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Beasiswa akan dibayarkan pada perguruan tinggi berupa uang saku, tunjangan buku, dan uang saku yang diberikan tiap satu semesternya.

Untuk D3 beasiswa diberikan selama enam semester, sedangkan untuk D4 maupun S1 beasiswa ini diberikan selama delapan semester. Batasan pendaftaran Beasiswa Bidikmisi maksimal adalah sebelum masuk dalam semester kedua masa perkuliahan.

Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia Kemenlu RI

Bagi kamu yang punya bakat di bidang seni dan budaya, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Dalam beasiswa ini, kamu akan mendapatkan pembiayaan pendidikan khususnya mendalami tentang seni dan budaya Indonesia.

Bagi yang terpilih, nantinya ditempatkan di beberapa daerah, seperti Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Yogyakarta. Pendanaan yang ditanggung antara lain biaya pendidikan dan pelatihan, transportasi dan akomodasi, serta tunjangan penuh tiap bulan Rp 2 juta.

Itulah lima program beasiswa yang bisa dimanfaatkan lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dalam negeri. Jika ingin berhasil lolos beasiswa incaran, kamu harus rajin belajar dan berprestasi saat duduk di bangku SMA.***art/Kompascom.